page contents Pustaka Virtual: Perangkat Lunak Aplikasi –Pengertian & Jenisnya

Perangkat Lunak Aplikasi –Pengertian & Jenisnya

9:21 PM |


Salah satu bagian dari perangkat lunak adalah Perangkat Lunak Aplikasi. Pengertian/ Definisi dari Perangkat lunak aplikasi yaitu perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita.


§  Program Aplikasi.
Program aplikasi adalah program yang langsung dibuat oleh seorang programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang  atau untuk kebutuhan sebuah perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman ( language program ). Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang mendukung. Contoh program aplikasi adalah : Program penggajian karyawan (Payroll), Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut, Program kasir, Program billing warnet/wartel.

§  Program Paket
Program paket adalah program khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh software house atau langsung bawaan dari sebuah Sistem Operasi. Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket, yaitu : Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dll.

§  Program Pengolah Angka, contohnya adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll. Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dll.

§  Program Design Grafis, contohnya : Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dll.

§  Program Browser, contohnya adalah : Internet Explorer, Modzilla Firefox, Opera, Netscape Communicator, Safari, dsb.

§  Program Database, contohnya adalah : Microsoft Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll.

§  Program Animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dll.

§  Program Multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player, dsb.



0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.