page contents Pustaka Virtual: Pengertian RAM- Memory Akses Acak

Pengertian RAM- Memory Akses Acak

9:36 PM |


Pengertian RAM ( Random Acces Memory ) atau dalam bahasa Indonesia disebut Memori akses acak adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. RAM berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Definisi/ pengertian lain dari RAM adalah sebuah memori yang terdiri dari sekumpulan chip yang dapat digunakan untuk menampung data yang akan diproses, instruksi atau program untuk memproses data, data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device dan instruksi system operasi yang mengontrol fungsi- fungsi dasar dari system komputer.

RAM dapat ditulis dan dibaca, berbeda dengan ROM (read-only-memory) yang hanya bisa membaca tapi tidak bisa menulis. RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi/data secara aktif.

Sebagai memori, RAM berfungsi menyimpan sistim aplikasi, sistem pengendalian, dan data yang sedang beroperasi atau diolah. Semakin besar kapasitas memori maka akan meningkatkan kemapuan komputer tersebut. Memori diukur dengan KB atau MB. Kebanyakan dari RAM disebut sebagai barang yang volatile, yang artinya adalah jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebut mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen. Karena RAM bersifat temporer ( sementara ) dan volatile, maka orang menciptakan suatu media penyimpanan lain yang sifatnya permanen. Ini biasanya disebut sebagai secondary storage ( penyimpanan kedua ). Secondary storage bersifat tahan lama dan juga tidak volatile yang artinya semua data atau program yang tersimpan di dalamnya bisa tetap ada walaupun daya atau listrik dimatikan. Beberapa contoh dari secondary storage antara lain magnetic tape, hardisk, magnetic disk dan juga optical disk.

Fungsi RAM ( Random Access Memory ) adalah sebagai media penyimpanan data. Memori RAM terdiri dari berbagai tipe yang tercepat aksesnya sampai yang lambat.
* RAM Tercepat: Chace Memory dan Main Memory
* RAM Terlambat: Sekunder Memory


0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.