page contents Pustaka Virtual: Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan Komputer

9:27 PM |


Secara harfiah, topologi jaringan adalah pola tata letak interkoneksi dari berbagai elemen ( link, node, dsb ). Dalam bidang komputer dan teknologi, topologi jaringan komputer dapat diartikansebagai bentuk atau struktur dari jaringan. Bentuk ini tidak selalu sesuai dengan desain fisik yang sebenarnya dari perangkat pada jaringan komputer. Setiap topologi jaringan tertentu hanya ditentukan oleh pemetaan grafis konfigurasi koneksi fisik dan / atau logis antara node.

Topologi jaringan pada dasarnya terdiri dari dua kategori dasar : topologi fisik dan topologi logis. Topologi fisik jaringan ditentukan oleh kemampuan perangkat jaringan akses dan media, tingkat kontrol atau toleransi kesalahan yang diinginkan, dan biaya yang terkait dengan kabel atau sirkuit telekomunikasi. Topologi yang logis, sebaliknya, adalah cara bahwa sinyal bertindak atas media jaringan, atau cara bahwa data melewati jaringan dari satu perangkat ke perangkat berikutnya tanpa memperhatikan interkoneksi fisik dari perangkat. Topologi logis Sebuah jaringan tidak selalu sama dengan topologi fisik. Sebagai contoh, asli Ethernet twisted pair menggunakan hub repeater adalah topologi bus logis dengan layout topologi bintang fisik. Token Ring adalah topologi cincin logis, tetapi kabel bintang fisik dari Satuan Media Access .

Klasifikasi logis topologi jaringan umumnya mengikuti klasifikasi sama dengan yang di klasifikasi fisik jaringan topologi tetapi menggambarkan jalan bahwa data membutuhkan waktu antara node digunakan sebagai lawan dari koneksi fisik yang sebenarnya antara node. Para logis topologi umumnya ditentukan oleh protokol jaringan sebagai lawan yang ditentukan oleh tata letak fisik kabel, kabel, dan perangkat jaringan atau oleh aliran sinyal listrik, walaupun dalam banyak kasus jalan yang mengambil sinyal listrik antara node erat mungkin cocok dengan aliran data logis, maka konvensi menggunakan istilah topologi logis dan topologi sinyal secara bergantian.

Logical topologi sering terkait erat dengan Media Access Control metode dan protokol. Logical topologi dapat secara dinamis ulang oleh jenis khusus dari peralatan seperti router dan switch.

Sebuah jaringan area lokal (LAN) adalah salah satu contoh jaringan yang menunjukkan baik topologi fisik dan topologi logis. Setiap node yang diberikan di LAN memiliki satu atau lebih link ke satu atau lebih node di jaringan dan pemetaan dari link dan node dalam hasil grafik dalam bentuk geometris yang dapat digunakan untuk menggambarkan topologi fisik jaringan. Demikian pula, pemetaan aliran data antara node dalam jaringan menentukan topologi logis dari jaringan. Fisik dan topologi logis mungkin atau mungkin tidak identik dalam setiap jaringan tertentu.

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.