page contents Pustaka Virtual: Bagian- Bagian dan Fungsi Otak Manusia

Bagian- Bagian dan Fungsi Otak Manusia

11:06 PM |

 Salah satu organ terpenting dan memiliki peran vital bagi manusia adalah otak. Organ otak adalah pusat dari sistem syaraf yang memiliki fungsi mengatur gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis, melatih emosi, memori/ingatan dan juga motorik. Volume dari otak manusia adalah 1350cc. Otak manusia terdiri dari 100juta sel syaraf neuron.

Otak manusia terdiri atas lima bagian, yaitu:
1.       Otak Besar ( Telencephalon, Cerebrum )
2.       Diensefalon( Diencephalon, Interbrain )
3.     Otak Tengah ( Mesencephalon )
4.     Otak Belakang ( Myelencephalon, Metencephalon, Rhombencephalon )
5.     Otak Kecil ( Cerebellum )


otak manusia, bagian- bagian otak, fungsi otak manusia


1. Otak Besar ( Telencephalon, Cerebrum )
Otak besar manusia terdiri atas dua belahan, yaitu belahan sebelah kiri dan belahan sebelah kanan. Kedua belahan otak ini bekerja secara berkebalikan. Belahan otak kiri mengatur fungsi tubuh bagian kanan, sebaliknya otak kanan mengatur fungsi tubuh bagian kiri. Setiap belahan otak terdiri empat lobus, yaitu frontal, pariental, okspital, dan temporal. Lobus frontal dan lobus pariental dibatasi oleh celah rolando atau sulkus sentralis yang merupakan sekat antara keduanya. Otak atau telencephalon merupakan struktur embrio yang berkembang menjadi cerebrum yaitu dorsal telencephalon( pallium ) berubah menjadi cerebral cortex dan ventral telencephalon atau sub-pallium berubah menjadi basal ganglia.

Cerebral cortex disebut dengan korteks otak besar, yaitu sebuah lapisan tipis berwarna abu- abu yang terdiri dari 15 – 30 miliar neuron, masing- masing neuron tersambung ke sekitar 10.000 sinapsis. Korteks ini terdiri dari beberapa lapisan, antara lain neokorteks/ isokorteks, arcikorteks, paleokorteks dan allokorteks. Lapisan ini memiliki fungsi untuk mengendalikan ingatan, perhatian, persepsi, pertimbangan, bahasa dan kesadaran. Sedangkan ganglia dasar adalah lapisan dasar telencephalon yang banyak mengandung serabut syaraf dendrite dan neurit.

Dapat disimpulkan bahwa sebenarnya otak besar adalah pusat syaraf utama karena fungsinya yang teramat penting, seperti yang berkaitan dengan inteligensi, memori, kesadaran dan pertimbangan. 

2. Diensefalon( Diencephalon, Interbrain )
Diensefalon satu ini terdiri dari :
• Mid-diencephalic Territory
Hipotalamus, yaitu pusat pengendalian waktu biologis, suhu tubuh dan sekresi hormon.
Epitalamus
Pretektum

3. Otak Tengah ( Mesencephalon )
Otak tengah terdiri dari :
Tektum, yang memiliki syaraf pengatur proses pendengaran dan proses penglihatan.
Cerebral Peduncle, yang terlibat dalam system homeostasis dan lintasan refleks.

4. Otak Belakang ( Myelencephalon, Metencephalon, Rhombencephalon )
Otak belakang terdiri dari jembatan varol, sumsum lanjutan dan otak kecil yang membentuk sebuah brainstem atau disebut juga batang otak. Jembatan varol adalah syaraf penghubung lobus kiri dan kanan otak kecil serta penghubung otak kecil dan otak besar. Sumsum lanjutan otak kecil berfungsi untuk mengontrol saluran pernafasan, mengatur laju denyut jantung, pusat refleks fisiologi, tekanan udara, suhu tubuh dan sebagainya.

5. Otak Kecil ( Cerebellum )
Cerebellum adalah bagian terbesar dari otak belakang. Cerebellum otak ini terdiri dari dua belahan dengan permukaan yang berlekuk. Fungsi cerebellum antara lain mengatur sikap dan posisi tubuh, keseimbangan dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar.

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.