page contents Pustaka Virtual: Cara Mengenali & Mengatasi Virus Komputer

Cara Mengenali & Mengatasi Virus Komputer

10:23 AM |

Virus adalah musuh utama perangkat komputer. Infeksi virus komputer, baik yang kekuatannya ringan, sedang hingga berat akan berakibat buruk pada komputer. Efek dari serangan virus antara lain komputer menjadi lambat hingga memusnahkan file- file penting kita. Agar tidak terkena virus, maka sebaiknya kita harus berhati- hati dan cerdas dalam menggunakan komputer. Ada beberapa tips ampuh untuk mengatasi serangan virus komputer. Selain itu, sebelum mengatasi virus komputer, mengetahui secara awal bahwa komputer kita terserang virus juga teramat penting.




# Bagaimana Cara Mengetahui bahwa Komputer Terserang Virusz??
1. Komputer berjalan lebih lambat dan ini terjadi berkelanjutan.
2. Komputer sering berhenti tiba- tiba atau not responding ( tidak ada respon ).
3. Komputer sering restart secara tiba- tiba atau dokumen crash.
4. Komputer tiba-tiba restart dan tidak bisa berjalan normal kembali.
5. Aplikasi komputer tidak berjalan secara lancar, misalnya tiba- tiba hardisk tidak dapat diakses.
6. Perintah printing atau mencetak tidak berjalan dengan semestinya.
7. Sering muncul pesan erorr yang aneh dan tidak biasa.
8. Menu dan dialog box sering muncul secara erorr.
9. Muncul file-file dengan inisial extension neh seperti .exe, .inf, dan lain- lain yang tidak kita ketahui sebelumnya.

tips virus, mengatasi virus, mengenali virus, virus komputer, bahaya  virus

# Bagaimana Cara Melindungi Komputer dari Virus??
Berikut ini adalah beberapa tips ampuh mengatasi virus atau melindungi komputer Anda dari virus:

1. Firewall “ON”.
Firewall adalah feature yang mengantisipasi adanya akses ilegal ke komputer/ laptop, baik yang bersifat menghapus informasi, merusak komputer, atau bahkan mencuri data pribadi.
Untuk penggunaan multi komputer atau komputer yang saling terhubung dalam jumlah besar, maka pastikan firewall di masing-masing komputer aktif agar dapat mencegah virus menyebar dari satu komputer ke semua komputer apabila salah satu telah terinfeksi.

2. Gunakan Software dan Sistem Operasi Up Date 
Selalu lakukan update terbaru, khususnya yang bersifat high priority agar komputer selalu aman. Update software perlu dilakukan untuk memperolehperlindungan terkini, perbaikan pada bug dan celah keamanan yang yang lebih baik dari versi sebelumnya.

3. Software Antivirus.
Antivirus sangat penting bagi komputer. Antivirus adalah perlindungan pertama komputer Anda terhadap virus. Beberapa antivirus terbaik yang dapat Anda gunakan antara lain AVG, Avas, Norton, Kaspersky atau juga antivirus buatan anak negeri, Smadav. Jika komputer Anda sudah dilengkapi dengan antivirus, jangan lupa untuk selalu melakukan update secara berkala.

4. Scan Removable Storage
Vvirus dapat berasal dari manapun, termasuk removable storage seperti flash disk, USB, memory card, eksternal memory, dan sebagainya. Selalu lakukan scan setiap kali Anda menginstal atau mencolokkan removable storage demi keamanan komputer Anda.

5. Human Error ( Brainware )
Human error adalah faktor brainware ( manusia ) yang kurang waspada dalam penggunaan perangkat komputer itu sendiri. Berhati- hatilah ketika membuka attachment di e-mail atau link yang tidak diketahui secara pasti apa isinya atau tidak tahu dari siapa. Saat ini penyebaran virus via email pun semakin marak. Jika Anda meng- klik attachment atau link berisi virus, maka komputer Anda dapat langsung terinfeksi virus. Berhati- hatilah juga ketika men- download sebuah file di internet.

6. Back Up Data Secara Teratur
hal terburuk, sebelum virus terlanjur menyerang komputer, back up adalah harga mati agar data- data tersimpan Anda dapat aman dan tidak selamanya hilang.


0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.