page contents Pustaka Virtual: Tips Ampuh Sukses Menghadapi Soal Tes CPNS

Tips Ampuh Sukses Menghadapi Soal Tes CPNS

3:36 AM |


tips soal cpns, sukses tes cpns, sukses psiktest, menghadapi tesSeperti biasa, setiap kali ada lowongan CPNS, maka hal ini akan menarik perhatian khalayak ramai untuk berlomba- lomba mengikuti kompetisi tes CPNS. Yah… siapa tahu begitu mengikuti tes CPNS langsung diterima dan bisa menjadi salah satu dari anggota Pegawai Negeri Sipil di masa depan, seperti dambaan seperti banyak orang. Tentunya lulus atau sukses menghadapi tes CPNS itu sendiri bukan hal yang mudah. Salah satu yang tersulit dari tes CPNS adalah tes tertulis, khususnya psikotes. Psikotes itu sendiri adalah salah suatu bagian terpenting dalam penerimaan karyawan baru, baik di BUMN, CPNS maupun perusahaan swasta. Tes ini bukan sekedar untuk mengetahui tingkat inteligensi dan kepribadian saja, melainkan dapat juga dimanfaat untuk mengukur faktor psikologis, logika berpikir serta kecakapan. Psikotes kadang terdengar begitu seram, padahal bila kita tahu tips & triknya, psikotes ini adalah tes yang relative mudah untuk dikerjakan.


# Jenis- jenis Psikotes
• Tes Verbal, terdiri dari tes analogi ( padanan hubungan ), sinonim ( persamaan kata ) dan antonim ( perlawanan kata ).
• Tes Logika atau Penawaran.
• Tes Spasial atau Gambar.
• Tes Angka, terdiri dari tes matematika, angka berpola, deret angka, deret huruf, dan sebagainya.
• Tes Ketelitian


# Persiapan Sebelum Psikotes
Jika ingin maksimal dalam psikotes, kita harus memiliki persiapan yang matang agar hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang menjadi harapan kita. Berikut ini adalah persiapan/ tips menghadapi psikotes agar sukses:
1. Pelajari Soal Psikotes
Pelajari buku psikotes dan kerjakan latihan tes berulang kali. Biasanya soal psikotes tidak berbeda jauh dari yang Anda kerjakan dan nantinya Anda temui dalam tes CPNS atau tes perusahaan swasta. Latihan soal CPNS dapat kita peroleh dengan mudah di toko buku atau bahkan di internet. Soal CPNS tersebut biasanya juga akan dilengkapi dengan review jawaban yang memudahkan kita mempelajari soal psikotes tersebut. Semakin sering kita belajar, maka kita akan semakin siap dan percaya diri menghadapi psikotes & tes CPNS.

2. Cari Wawasan dan Pengetahuan
Pengetahuan umum seringkali menjadi bahan soal dalam tes CPNS dan psikotes. Sering- sering melihat berita di televise, mendengarkan radio atau sensitive dengan informasi penting di sekitar kita akan sangat membantu kita menghadapi tes CPNSdan psikotes dengan sukses dan berhasil.

3. Persiapkan Kesehatan dan Kebugaran Tubuh
Tubuh yang sehat dan bugar akan membantu Anda untuk lebih berkosentrasi saat ujian dengan baik.

4. Positive Thinking/ Berpikir Positif
Berpikirlah tenang dan yakin bahwa Anda mampu menghadapi psikotes & tes CPNS dengan baik dan maksimal. Berpikir positif dapat membantu kita lebih fokus dan tetap optimis terhadap  kemampuan diri sehingga kita dapat mengerjakan tes secara maksimal.

5. Alat Tulis= Penting
Sangat sepele, tapi ketidaklengkapan alat tulis dapat menjadi sebuah bencana ketika kita menghadapi tes CPNS atau psikotest!


# Tips Mengerjakan Soal Tes CPNS & Psikotes
1.       Ikuti Petunjuk Pengawas
2.       Kerjakan Soal yang Mudah Terdahulu
3.       Percaya Diri & Tetap Optimis
4.       Berkerja Sendiri & Fokus
5.       Tenang, Cermat dan Teliti
6.       Konsentrasi


# Trik Khusus ( Yang perlu Anda Perhatikan ) Tes CPNS & Psikotes
• Dengarkan intruksi dengan seksama dalam mengerjakan tes dan jangan mengabaikannya. Misalnya dalam soal menggambar biasanya dilarang menggambar pohon kelapa dan beringin, makan jangan menggambar gambar tersebut.
• Psikotes gambar seringkali mencitrakan karakter dan sifat Anda sendiri, contohnya gambar orang yang lengkap menunjukkan karakter orang yang detail, gambar pohon yang jelas menggambarkan keterbukaan dan ketegasan karakter dan pertanyaan berulang ditujukan untuk mengetahui apakah karakter seseorang konsisten atau tidak.
• Pastikan Anda telah menulis nama & nomor peserta dengan jelas.
• Waspada terhadap waktu, usahakan semua soal terjawan sesuai dengan jumlah waktu yang diberikan. Tapi ingat, kita harus tetap fokus dan jangan terlalu terburu- buru
• Gunakan waktu yang tersisa untuk meneliti kembali pekerjaan Anda.




0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.