page contents Pustaka Virtual: Definisi & Jenis Sumber Daya Alam

Definisi & Jenis Sumber Daya Alam

1:14 AM |

Definisi atau Pengertian dari Sumber daya alam adalah hasil karya alam  atau sesuatu yang dihasilkan oleh alam yang memiliki manfaat besar bagi kehidupan makhluk hidup untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraannya.

Berikutini adalah jenis- jenis Sumber Daya Alam:
1. Sumber Daya Alam ( SDA ) Berdasarkan Jenis

· SDA Hayati/ Biotik, yaitu sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup ( bersifat hayati ), contohnya adalah tumbuhan, hewan, bakteri, mikroorganisme dan lain- lain.
· SDA Non Hayati/ Abiotik, yaitu sumber daya alam yang bukan berasal dari benda hidup atau bisa disebut berasal dari benda mati. Contoh SDA non hayati adalah bahan tambang, air, udara, matahari dan sebagainya.

2. Sumber Daya Alam ( SDA ) Berdasarkan Sifat Pembaharuan
· SDA Renewable atau SDA yang dapat diperbaharui, adalah jenis sumber daya alam yang apabila dimanfaatkan secara berulang- ulang, maka sumber daya alam itu tidak akan habis dan dapat terus diperbaharui, seperti air, hasil hutan, tumbuh- tumbuhan, hewan, susu dan lain sebagainya.
· SDA Unrenewable atau SDA yang tidak dapat diperbaharui, yaitu jenis sumber daya alam yang apabila terus dimanfaatkan, maka dapat habis atau punah. Contoh sumber daya alam ini adalah minyak bumi, batu bara, timah dan gas alam.
· SDA Unlimited atau SDA yang tidak terbatas jumlahnya, yaitu sumber daya alam yang memiliki jumlah sangat besar dan tidak terbatas, seperti sinar matahari, udara dan air.

3. Sumber Daya Alam ( SDA ) Berdasarkan Penggunaannya
· SDA  Penghasil Bahan Baku, yaitu sumber daya alam yang dapat menghasilkan barang lain sehingga bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup dan memiliki nilai guna tinggi. Contoh SDA jenis ini adalah hasil tambang, hasil hutan, hasil pabrik, hasil pertanian dan lain- lain.
· SDA Penghasil Energi, yaitu jenis sumber daya alam penghasil energi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Contoh SDA penghasil energi antara lain panas bumi, arus sungai, sinar matahari dan lain sebagainya.

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.