page contents Pustaka Virtual: Sejarah, Peristiwa & Isi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Sejarah, Peristiwa & Isi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

1:12 AM |

Bagi bangsa Indonesia, tanggal 28 Oktober adalah hari yang sangat bersejarah dan penting. Tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.  Peringatan hari Sumpah Pemuda ini dilatarbelakangi oleh peristiwa Sumpah Pemuda, yang terjadi pada 28 Oktober 1928 silam. Sumpah pemuda adalah sumpah atau janji pemuda- pemudi Indonesia yang berikrar untuk bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu.

Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 melalui rumusan Kongres Pemuda II ( Rapat Pemoeda – Pemoedi ). Kongres Pemuda II itu sendiri digelar di tiga tempat yang berbeda oleh Organisasi Perhimpunan Pelajar- Pelajar Indonesia ( PPPI ) yang anggotanya terdiri dari seluruh pelajar di Indonesia dan dihadiri banyak sekali organisasi kepemudaan Indonesia waktu itu, seperti Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb.

Isi Sumpah Pemuda 

sumpah pemuda, isi sumpah pemuda, peristiwa sumpah pemuda, sejarah sumpah pemuda, 28 oktober 1928
1. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia
(Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia )
2. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia 
(Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia )
3. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia
(Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia )

Sumpah Pemuda pertama kali dibacakan bertepatan dengan pertama kalinya lagu Indonesia Raya ciptaan W.R Soepratman dinyanyikan. Di masa tersebut, lagu Indonesia Raya dilarang oleh Kolonial Belanda. Sebaliknya, hal ini justru memicu para pemuda untuk terus menyanyikannya dengan kobaran semangat cinta tanah air, penuh rasa bangga dan khidmat.

Untuk mengenang peristiwa Sumpah Pemuda, maka dibangunlah Museum Sumpah Pemuda di daerah Kramat Jaya, Jakarta Pusat. Museum ini bercerita tentang semangat pemuda – pemudi Indonesia sebagai tonggak sejarah bangsa dan terdapat juga benda peninggalan sejarah yang berhubungan dengan semangat para pemuda patriot bangsa.

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.