page contents Pustaka Virtual: Seputar Pembuluh Darah Arteri ( Pembuluh Nadi )

Seputar Pembuluh Darah Arteri ( Pembuluh Nadi )

10:29 PM |

Definisi PembuluhDarah Arteri ( Pembuluh Nadi )
Pembuluh Arteri  atau Pembuluh Nadi adalah pembuluh darah yang berasal dari bilik jantung yang memiliki dinding tebal dan kaku. Secara garis besar, pembuluh darah arteri terdiri dari dua jenis, yaitu pembuluh aorta dan pembuluh pulmonalis. Pembuluh aorta merupakan pembuluh arteri yang datang dari bilik jantung sebelah kiri dan bertugas mengangkut oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Sebaliknya, pembuluh pulmonalis merupakan pembuluh arteri yang berasal dari bilik kanan, memiliki fungsi membawa darah yang telah terkontaminasi oleh karbondioksida dari seluruh tubuh menuju ke paru- paru.

Sistem pembuluh nadi memiliki bagian tekanan yang tinggi pada sistem sirkulasi. Tekanan darah biasanya menunjukkan tekanan pada pembuluh nadi utama. Tekanan pada saat jantung mengembang dan darah masuk ke jantung disebut dengan tekanan diastol. Sedangkan tekanan sistol adalah tekanan darah saat jantung berkontraksi dan darah keluar jantung. Tekanan darah ini dapat diukur dengan tensimeter atau sfigmomanometer.



Pada tubuh, terdapat beberapa jenis pembuluh nadi, yaitu
·         Pembuluh Arteri pulmonaris, yaitu Pembuluh yang membawa darah yang telah dideoksigenasi yang baru saja dialirkan dari paru-paru.
·         Pembuluh Arteri sistemik, yaitu pembuluh yang membawa darah menuju arteriol dan kemudian kepembuluh kapiler, di mana zat nutrisi dan gas ditukarkan.
·         Pembuluh Aorta, merupakan pembuluh nadi terbesar dalam tubuh yang keluar dari ventrikel jantung dan membawa banyak oksigen.
·         Pembuluh Arteriol, yaitu pembuluh nadi terkecil yang berhubungan dengan pembuluh kapiler.
·         Pembuluh Kapiler, yang merupakan bukan pembuluh nadi sesungguhnya. Di pembuluh ini terjadi pertukaran zat yang menjadi fungsi utama sistem sirkulasi. Pembuluh kapiler adalah pembuluh yang menghubungkan cabang-cabang pembuluh nadi dan cabang-cabang pembuluh balik yang terkecil dengan sel-sel tubuh. Pembuluh nadi dan pembuluh balik tersebut bercabang-cabang, dan ukuran cabang-cabang pembuluh itu semakin jauh dari jantung semakin kecil. Pembuluh kapiler sangat halus dan berdinding tipis.


Daftar Pustaka:
Wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.