page contents Pustaka Virtual: Kota dan Pulau di Indonesia yang Dilewati Garis Khatulistiwa

Kota dan Pulau di Indonesia yang Dilewati Garis Khatulistiwa

12:29 PM |

Indonesia adalah Negara dengan titik lokasi paling banyak dilewati oleh garis khatulistiwa. Garis lingkar nol derajat atau yang disebut equator terdapat di beberapa kota dan pulau di Indonesia.

·         Bonjol
Bonjol adalah sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Sebagai penanda bahwa kota ini berada di lintang nol derajat, maka di tempat ini dibangun Taman Wisata Equator, dan terdapat tulisan “I crossed the equator”.
·         Kota Pontianak
Kota Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat. Sebagai penanda dilalui garis equator, maka di kota ini dibangun tugu khatulistiwa pada tahun 1928.


pontianak, garis khatulistiwa, tugu khatulistiwa, equator, kota dilewati khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat

·         Kepulauan Batu
Kepulauan Batu terletak di sebelah barat pulau Sumatra, lebih tepatnya diantara Pulau Nias dan Pulau Siberut. Secara administrative kepulauan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Nias, Sumatra Utara. Garis katulistiwa melewati sebelah utara pulau Tanahmasa dan terbesar di kepulauan Batu.

·         Pulau Sumatera
Garis khatulistiwa membentang di pulau Sumatra mulai dari perairan Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan kepulauan Riau.

·         Pulau Lingga
Pulau Lingga adalah pulau terbesar pada gugusan kepulauan Lingga, yang terletak di sebelah timur Pulau Sumatra. Secara administrative, Pulau Lingga masuk ke wilayah provinsi Kepulauan Riau. Equator melewati ujung utara pulau kecil ini.

·         Pulau Kalimantan
Di Pulau Kalimantan equator melintasi beberapa provinsi, yaitu provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

·         Pulau Sulawesi
Provinsi yang dilewati yaituprovinsi Sulawesi Tengah.

·         Kepulauan Kayoa
Kepulauan Kayoa terletak di barat pulau Halmahera, Maluku. Secara administrative Kepulauan Kayoa masuk ke wilayah kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

·         Pulau Halmahera
Pulau Halmahera adalah pulau terbesar di kepulauan Maluku dan termasuk dalam wilayah provinsi Maluku Utara.

·         Pulau Gebe
Pulau Gebe terletak di sebelah timur pulau Halmahera dan secara administrative merupakan bagian dari wilayah kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara.

·         Pulau Waigeo/ Pulau Amberi/ Pulau Waigiu
Pulau ini merupakan pulau terbesar di gugusan Kepulauan Raja Ampat yang terletak di sebelah utara provinsi Papua Barat.

Selain melewati kota dan pulau di atas, di Indonesia garis khatulistiwa juga melewati beberapa daerah perairan berikut ini:
o    Selat Karimata
o    Selat Makasar
o    Teluk Tambu
o    Teluk Tomini (Sulawesi)
o    Laut Maluku
o    Laut Halmahera.


Daftar Pustaka: Wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.