page contents Pustaka Virtual: Matahari sebagai Pusat Tata Surya

Matahari sebagai Pusat Tata Surya

5:56 PM |

Matahari adalah pusat tata surya. Matahari merupakan objek terbesar dalam peredaran tata surya dengan massa 99,85% dari total massa tata surya. Matahari memiliki bentuk yang menyerupai bola, disusun dari gas helium dan hidrogen. Matahari memiliki peran yang sangat penting bagi manusia, yaitu sebagai sumber energy dan panas.



matahari, tata surya, planetMatahari dan  Bumi
Matahari dan bumi berjarak kurang lebih 149.600.000 kilometer atau 92,96 juta mill. Diameter matahari adalah sekitar 112 kali diameter bumi. Matahari memiliki temperature atau suhu yang relative sangat panas, yaitu kurang lebih 13.889.000 derajat celcius di inti matahari.

Matahari memiliki bentuk plasma sehingga rotasinya lebih cepat jika di daerah katulistiwa daripada di daerah kutub. Di katulistiwa, rotasi matahari membutuhkan waktu kurang lebih 25 hari, sedangkan di kutub, rotasinya membutuhkan waktu kurang lebih 35 hari. Setiap perputaran dan gravitasi matahari adalah 27,9 kali gravitasi bumi.



Prominensa ( Lidah Api Matahari )
Matahari memiliki lidah api atau yang dikenal dengan sebutan Prominensa, yaitu bagian  dari matahari yang sangat besar dan terang yang keluar dari permukaan matahari dalam bentuk loop atau putaran. Prominensa terjadi di lapisan photosphere pada lapisan matahari kemudian keluar menuju matahari

Gerakan Matahari
1. Rotasi matahari mengelilingi sumbunya sendiri memakan waktu selama 25 ½ hari dalam satu kali putaran.
2. Matahari bergerak diantara gugusan bintang dengan kecepatan 20 km per detik.

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.