page contents Pustaka Virtual: Seputar Pembuluh Darah Kapiler

Seputar Pembuluh Darah Kapiler

9:46 AM |

Definisi Pembuluh Darah Kapiler
Selain pembuluh darah vena dan arteri, kita juga mengenal pembuluh darah kapiler. Pembuluh darah kapiler merupakan pembuluh darah terkecil dalam tubuh, dengan diameter 5-10 μm, adalah penghubung  arteriola dan venula, dan memungkinkan pertukaran air, oksigen, karbondioksida, nutrient dan zat kimia sampah antara darah dan jaringan sekitarnya. Pembuluh darah kapiler merupakan ujung yang letaknya berada di bagian akhir dari pembuluh arteri.

Dinding kapiler merupakan endotel selapis tipis sehingga gas dan molekul seperti oksigen, air, protein, dan lemak dapat mengalir melewatinya dengan dipengaruhi oleh gradien osmotik dan hidrostatik.

Darah mengalir dari jantung ke arteri, yang bercabang dan menyempit ke arteriola, kemudian masih bercabang lagi menjadi kapiler. Setelah terjadi perfusi jaringan, kapiler bergabung dan melebar menjadi vena, yang mengembalikan darah ke jantung Jaringan pembuluh darah kapiler bekerja membentuk sebuah anyaman yang terdiri dari suatu jaringan dengan kandungan kurang lebih 2000 kapiler darah per millimeter.



Daftar Pustaka:
Wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.