page contents Pustaka Virtual: Perangkat Keras ( Hardware ), Pengertian, Fungsi dan Macamnya

Perangkat Keras ( Hardware ), Pengertian, Fungsi dan Macamnya

11:04 PM |

Definisi/Pengertian hardware atau “perangkat keras” atau hardware adalah komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware bekerja berdasarkan instruction set, yaitu perintah yang telah ditentukan ada padanya. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan macam- macam kegiatan yang ditentukan oleh pemberi perintah.

1.     Input device (unit masukan)
Input Device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices disebut juga unit masukan yang umumnya digunakan oleh personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Ada juga joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.

2.     Process device (unit pemrosesan)
Process device adalah mikro processor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section)

3.     Output device (unit keluaran)
Output device antara lain terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape.

4.     Backing Storage (unit penyimpanan)
Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.

5.     Periferal (unit tambahan)
Periferal Device adalah komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.

Daftar Pustaka:

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar atau bertanya seputar artikel...
Dilarang mencantumkan link hidup atau live link.
Terimakasih.